RSS

Bangun, Tukang Tidur !




            Mengapa banyak sekali remaja sulit bangun pada pagi hari? Apakah ada cara melatih diri agar bisa bangun lebih mudah ?
            Sulit bangun pada pagi hari pada remaja (atau pada siapapun) barangkali hanya disebabkan oleh kurang tidur, mungkin karena terlalu banyak pekerjaan rumah setelah kerja paruh waktu (hm, jadi wajar saja... bagi yang memang kerjanya banyakk), yang diikuti dengan aktivitas menonton televisi ( yaaa,, tidak bisa dipungkiri). Dalam kasus seperti itu, obatnya adalah lebih banyak tidur, mengurangi aktivitas-akivitas yang merampas waktu tidur (tau sendiri kan ??) dan secara bertahap mengubah jam tidur dan waktu bangun dengan bugar pada waktu yang diinginkan.
            Meski demikian nih, sebagian peneliti menyatakan bahwa ada kemungkinan sebab-sebab fisiologis pada rasa kantuk yang menyerang remaja tidak saja pada pagi hari tetapi juga pada waktu mengikuti kelas-kelas sore (seperti les, dsb). Sebagian peneliti bahkan menyatakan bahwa remaja memiliki pola tidur  alami yang membuat mereka pergi tidur pada jam dua dini hari dan tidur terus hingga sore hari. Mereka mendasari pernyataan ini dengan hasil-hasil studi yang berkaitan dengan tingkat-tingkat perubahan hormon melatonin, hormon yang terlibat dalam regulasi tidur, dan berdasarkan perbandingan penyelenggaraan akademik bagi remaja dengan waktu dimulainya pelajaran pada pagi hari dan yang dimulai sore. Hm, dalam sebuah penelitian sebagian pelajar dari kelompok yang waktu sekolahnya dimulai pagi hari, menambah hutang tidurnya dan menderit serangan kantuk hingga tertidur selama 10 detik serta kehilangan perhatian selama mengikuti pelajaran pada pagi hari.
              Melihat kenyataan seperti diatas, maka sebaiknya nih, sebagai remaja dan pelajar yang masih ingin memiliki stamina yang fit dan tidak mengantuk saat pelajaran berlangsung dalam kelas, jangan melakukan aktivitas yang merampas waktu tidur apabila tidak terlalu penting (Anda bisa menilainya sendiri) karena selain membuat kita tidak fokus saat belajar, juga tidak baik bagi kesehatan loh,, !
            So, pilihan ada di tangan Anda !! Semuanya kembali pada Anda !!

0 komentar:

Posting Komentar